stimula awal pada bayi

hanya sekedar iseng menulis pengalaman saya selama 3 bulan ini……

ternyata sulit juga berkomunikasi dengan sang bayi, sosialisai yang pertama sang bayi adalah keluarga yaitu aya{aku}, ibu (linawati) dan sekitar keluarga dirumah. kami tidak lepas memberikan stimula awalberbincang – bincang dengan sang bayi, meski rasanya kayak orang gila ngomong sendiri tidakditanggapi sang bayi…….. meski tidak menanggap sebenarnya sang bayi bener – bener memahami apa yang kita peragakan pada usia 0-3 ketika sudah 3bulan lebih sang anak ternyata sudah bisa mendengarkan ucapan kita, tidak hanya melihat peraga/isyarat kita.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh orang tua ketika mengajarkan bayi mereka bahasa isyarat, yaitu:

  1. Membuat bayi di bawah 12 bulan mampu menyampaikan keinginannya walaupun belum mampu berkomunikasi secara verbal.
  2. Selama ini orang tua dituntut keras untuk memahami tangisan dan menduga-duga keinginan si bayi sehingga terkadang membuat orang tua menjadi bingung dan stress menghadapinya. Dengan menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi, orang tua dan bayi akan saling memahami maksud yang diinginkan walaupun bayi tidak berbicara secara langsung.
  3. Bahasa isyarat mempercepat anak bicara dari waktu yang biasanya. Karena melalui bahasa isyarat secara non verbal anak bayi telah dilatih untuk memahami dan mengenal banyak kata. Akibatnya, ketika memasuki fase verbal yaitu masa si bayi harus bicara, bayi telah memenuhi otaknya dengan pembendaraaan kata yang sangat memadai.
  4. Program bahasa isyarat bayi ternyata juga dapat memacu peningkatan IQ pada anak bayi. Penelitian yang dilakukan di Universitas California membuktikan bahwa bayi yang sejak dini dilatih bahasa isyarat memiliki nilai tes IQ yang tinggi dibandingkan anak bayi biasa. Penguasaan dan pemahaman kosa kata yang lebih baik dibandingkan bayi sebaya mereka membuat mereka mampu berpartisipasi dalam permainan kompleks yang disuguhkan peneliti.

maulana malik murtadho

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s